Senin, 23 September 2013

HUBUNGAN PEMBELAJARAN, KURIKULUM DAN PENDIDIKAN

                                PEMBELAJARAN

- ACHJAR CHALIL
  Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan    sumber belajar pada suatu lingkungan belajar
- RAHIL MAHYUDDIN
  Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek
- COREY
  Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus

Kesimpulan : Pembelajaran adalah suatu proses mengenal, atau mengetahui sesuatu yang tidak diketahui sebelumnya. Disini terlihat perubahan perilaku yang melibatkan penguasaan ilmu dan keingintahuan yang tinggi, sehingga ia turut serta dalam kondisi pembelajaran tersebut.



                                     KURIKULUM
  • Daniel Tanner & Laurel Tanner : Pengalaman pembelajaran yang terencana dan terarah, yang disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman yang sistematis di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat terus memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial pribadinya.
  • Romine : Kurikulum mencakup semua temu permbelajaran, aktivitas dan pengalaman yang diikuti oleh anak didik dengan arahan dari sekolah baik di dalam maupun di luar kelas.
  • Murray Print. : Kurikum didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran terencana yang diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati oleh siswa saat kurikulum itu terapkan.
Kesimpulan : Kurikulum adalah acuan atau sebuah system yang dirancang untuk sebuah proses pembelajaran yang terarah dan terencana. Kurikulum merupakan rencana  yang digunakan sebgai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan atau sasaran akhir.

                           PENDIDIKAN
  1. H. Horne, adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
  2. John Dewey, mengemukakan bahwa pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social.
  3. Thompson mengungkapkan bahwa Pendidikan adalah pengaruh lingkungan terhadap individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap dalam kebiasaan perilaku, pikiran dan sifatnya.

Kesimpulan : Pendidikan adalah wadah utnuk menampung suatu proses  pembelajaran dengan acuan atau paduan yaitu kurikulum. Pendidikan merupakan bangunan terbesar dalam hubungan pembelajaran kurikulum dan pendidikan. Pendidikan tersebut berfungsi sebagai pengembangan potensi dan mencerdaskan anak-anak bangsa sehingga memunculkan  multitalented. Heart, Hand, and head yang harus dibangun dalam pendidikan sehingga potensi tersebut teraktualisasi dengan baik.

             HUBUNGAN PEMBELAJARAN KURIKULUM DAN PENDIDIKAN
Peter F. Oliva (1992) menggambarkan kemungkinan hubungan antara kurikulum dengan pengajaran dalam beberapa model sebagai berikut :

1.Model dualistis (the dualistic model)
Pada model ini kurikulum dan pengajaran terpisah. Keduanyatidak bertemu. Kurikulum yang seharusnya menjadi imput dalam menata sistem pengajaran tidak tampak. Demikian juga pengajaran yang semestinya memberikan balikan dalam proses penyempurnaan kurikulum tidak terjadi, karena kurikulum dan pengajaran berjalan sendiri. Model ini digambarakan sebagai berikut :

Model 1
Model Dualistis

2.Model berkaitan (the interlocking model)
Dalam model ini kurikulum dan pengajaran dianggap sebagai suatu sistem yang keduanya memiliki hubungan. Kurikulum dan pengajaran maupun sebaliknya pengajaran dan kurikulum ada bagian yang berkaitan, sehingga keduanya memiliki hubungan. Digambarkan sebagai berikut :

Model 2
Model berkaitan

3.Model konsentris (the concentric model)
Pada model ini kurikulum dan pengajaran memiliki hubungan dengan kemungkinan kurikulum bagian dari pengajaran atau pengajaran bagian dari kurikulum. Di sini ada ketergantungan satu dengan yang lain. Model konsentris ini digambarkan sebagai berikut :

Model 3
Model berkaitan

4. Model Siklus (the ciclical model)

Model ini menggambarkan hubungan timbal balik antara kurikulum dan pengajaran. Keduanya dianggap saling mempengaruhi. Segala yang ditentukan dalam kurikulum akan menjadi dasar dalam proses pelaksanaan pengajaran. Sebaliknya yang terjadi dalam pengajaran dapat memengaruhi keputusan kurikulum selanjutnya. Dalam model ini hubungan keduanya sangat erat meski kedudukannya terpisah yang berarti dalam analisis juga terpisah. Digambarkan sebagai berikut :

Model 4
Model Siklus

Kesimpulan :
Jadi, Hubungan antara Pembelajaran kurikulum dan pendidikan sangat erat kaitannya karena proses pembelajaran tanpa adanya kurikulum sebagai program atau acuan, akan terbengkalai atau tidak seperti tujuan yang telah tertulis. Lalu pembelajaran dan kurikulum pun sangat erat kaitannya dengan pendidikan. Karena, pendidikan merupakan tujuan akhir dalam jangka panjang.

daftar pustaka :
http://kumpulanilmu2.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-definisi-pendidikan.html
http://nomeng87.wordpress.com/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli/
http://edukasi.kompasiana.com/2012/12/31/pengertian-belajar-mengajar-dan-pembelajaran-menurut-para-ahli-520282.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar