Kamis, 03 Oktober 2013

PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

  •    Prinsip adalah Kebenaran, Dasar pokok, Berfikir (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia) atau kaidah/ketentuan yang mengikat, atau hukum.
  •    Pembelajaran menurut UUsisDiknas adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidiknya melalui sumber yang ada didalam lingkungan belajar.
  •    Sehingga, Prinsip pembelajaran bisa disebut dengan ketentuan yang mengikat antara peserta didik, pendidik dan sumber dengan adanya interaksi dalam sebuah lingkungan belajar.

Unsur-unsur Pembelajaran :
  1. Interaksi
  2. Peserta didik
  3. Pendidik
  4. Sumber
  5. Lingkungan


# Prinsip Belajar
  •   Belajar bagian dari perkembangan
  •   Belajar berlangsung seumur hidup
  • Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh faktor bawaan lingkungan, kematangan, serta usaha dari setiap individu.
  • Belajar mencakup semua aspek
  • Kegiatan belajar berlangsung pada setiap tempat dan waktu
  •   Belajar butuh motivasi
  • Belajar langsung dari guru atau tanpa guru
  • Perbuatan belajar bervariasi dari mulai yang sederhana sampai yang kompleks
  • Dalam belajar diperlukan bantuan atau bimbingan dari oranglain
  • Dalam belajar terjadi adanya hambatan
Pengaruh bawaan di point 3 dimaksudkan kedalam IQ :

a.     Teori Nativisme : setiap manusia mempunyai kecerdasaan bawaan, sehingga lingkungan tidak berpengaruh

b.     Teori Empirisme : Kekuatan yang da pada lingkungannya. Maksudnya lingkungannya sangat berpengaruh erat.

c.     Teori Konvergensi (Gestalt) : sebenarnya teori ini menolak kedua-duanya. Tapi dia meyakini bahwa kecerdasaan itu dari bawaan dan sangat dipengaruhi oleh lingkungan.


# EMPAT PILAR BELAJAR 

1.      Belajar mengetahui (learning to know)
Belajar mengetahui berkenaan dengan perolehan, penguasaan dan pemanfaatan informasi

2.      Belajar berkarya ( learning to do)
balajar atau berlatih menguasai keterampilan dan kompetensi kerja

3.      Belajar hidup bersama ( learning to live together) 
Agar mampu berinteraksi, berkomonikasi, bekerja sama dan hidup bersama antar kelompok dituntut belajar hidup bersama

4.      Belajar berkembang utuh ( learning to be)
Manusia yang seluruh aspek kepribadiannya berkembang secara optimal dan seimbang, baik aspek intelektual, emosi, sosial, fisik, maupun moral


# THE MANY ROLES OF A TEACHER
  •  The teacher as an instructional expert (guru sebagai ahli/professional)
  • The teacher as motivator (guru sebagai pemberi motivasi)
  • The teacher as manager ( guru sebagai pengatur kegiatan pembelajaran)
  • The teacher as leader ( guru sebagai pemimpin, sebagai pemberi pengaruh untuk mencapai tujuannya atau hasil dalam belajar)
  • The teacher as counselor ( guru sebagai penasihat)
  • The teacher as environmental engineer ( guru sebagai perekayasa lingkungan)
 
# FIVE VARIETIS OF LEARNING (GAGNE & BRIGGS)

Learned capabilities
Performance
1.      Verbal information
Stating information
2.      Attitudes
Choosing to behave in particular way
3.      Intelectual skills
Using consepts and rules to solve problems, respondings to classes of stimuli as  distinct from recalling specific examples
4.      Motor skills
Executing bodily movements smoothly and in proper squenc
 5. cognitive strategy
Originating move solutions to problems; utilizing various means for controlling one’s thinking/learning provcessis




Tidak ada komentar:

Posting Komentar