PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
- Prinsip adalah Kebenaran, Dasar pokok, Berfikir (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia) atau kaidah/ketentuan yang mengikat, atau hukum.
- Pembelajaran menurut UUsisDiknas adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidiknya melalui sumber yang ada didalam lingkungan belajar.
- Sehingga, Prinsip pembelajaran bisa disebut dengan ketentuan yang mengikat antara peserta didik, pendidik dan sumber dengan adanya interaksi dalam sebuah lingkungan belajar.
Unsur-unsur
Pembelajaran :
- Interaksi
- Peserta didik
- Pendidik
- Sumber
- Lingkungan
#
Prinsip Belajar
- Belajar bagian dari perkembangan
- Belajar berlangsung seumur hidup
- Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh faktor bawaan lingkungan, kematangan, serta usaha dari setiap individu.
- Belajar mencakup semua aspek
- Kegiatan belajar berlangsung pada setiap tempat dan waktu
- Belajar butuh motivasi
- Belajar langsung dari guru atau tanpa guru
- Perbuatan belajar bervariasi dari mulai yang sederhana sampai yang kompleks
- Dalam belajar diperlukan bantuan atau bimbingan dari oranglain
- Dalam belajar terjadi adanya hambatan
Pengaruh
bawaan di point 3 dimaksudkan kedalam IQ :
a. Teori Nativisme : setiap manusia mempunyai kecerdasaan bawaan, sehingga lingkungan tidak berpengaruh
b. Teori Empirisme : Kekuatan yang da pada lingkungannya. Maksudnya lingkungannya sangat berpengaruh erat.
c. Teori Konvergensi (Gestalt) : sebenarnya teori ini menolak kedua-duanya. Tapi dia meyakini bahwa kecerdasaan itu dari bawaan dan sangat dipengaruhi oleh lingkungan.
#
EMPAT PILAR BELAJAR
Belajar mengetahui berkenaan dengan perolehan, penguasaan dan pemanfaatan informasi
2. Belajar berkarya ( learning to do)
balajar atau berlatih menguasai keterampilan dan kompetensi kerja
3. Belajar hidup bersama ( learning to live together)
Agar mampu berinteraksi, berkomonikasi, bekerja sama dan hidup bersama antar kelompok dituntut belajar hidup bersama
4. Belajar berkembang utuh ( learning to be)
Manusia yang seluruh aspek kepribadiannya berkembang secara optimal dan seimbang, baik aspek intelektual, emosi, sosial, fisik, maupun moral
#
THE MANY ROLES OF A TEACHER
- The teacher as an instructional expert (guru sebagai ahli/professional)
- The teacher as motivator (guru sebagai pemberi motivasi)
- The teacher as manager ( guru sebagai pengatur kegiatan pembelajaran)
- The teacher as leader ( guru sebagai pemimpin, sebagai pemberi pengaruh untuk mencapai tujuannya atau hasil dalam belajar)
- The teacher as counselor ( guru sebagai penasihat)
- The teacher as environmental engineer ( guru sebagai perekayasa lingkungan)
#
FIVE VARIETIS OF LEARNING (GAGNE & BRIGGS)
Learned capabilities
|
Performance
|
|
1.
Verbal
information
|
Stating information
|
|
2.
Attitudes
|
Choosing to behave in particular way
|
|
3.
Intelectual
skills
|
Using consepts and rules to solve problems,
respondings to classes of stimuli as distinct
from recalling specific examples
|
|
4.
Motor
skills
|
Executing bodily movements smoothly and in
proper squenc
|
|
5.
cognitive strategy
|
Originating move solutions to problems;
utilizing various means for controlling one’s thinking/learning provcessis
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar